Senin, 09 Mei 2011

Masyarakat Pesisir dan Potensi Laut Indonesia

baiklah..
ceritanya begini,

sejatinya, masyarakat pesisir adalah golongan kuat. potensi pesisir dan laut indonesia adalah yang terbesar kerena jika dibandingkan dengan daratannya, namun belum terpamfaatkan dengan optimal.
dilihat dari luas laut indonesia adalah 5.8 juta km2 terbagi dalam wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) seluas 2.7 juta km2 dan laut teritorial sebesar 3.1 juta km2. indonesia adalah pemegang rekor ke-2 garis pantai terpanjang di dunia setelah kanada. panjang garis pantai indonesia tercatat sebesar 81.000 km. kemudian, wilayah laut tersebut memiliki potensi sumberdaya ikan sebesar 6,7 ton, yakni 2,0 juta ton untuk ZEE Indonesia dan 4,7 juta ton untuk perairan teritorial indonesia.

sialnya, masyarakat pesisir adalah masyarakat (sebagian besar) miskin.

kalo nyalah-nyalahin siapa yang paling bertanggung jawab emang mudah banget. karena, masyarakat pesisir siringkali menjadi 'target' proyek beberapa instansi. namun, proyek2 tersebut kadangkala hanya membantu pada tataran permukaan saja. isu2 berkembang untuk proyek wilayah pesisir dan laut adalah isu2 yang kece binti sembohai.

isu-isunya global terkadang suka dibawa gombal aja.

kalo kita mulai mengurai kemiskinan masyarakat nelayan, gw mencoba dengan pertanyaan kenapa "nelayan miskin?"

banyak sudah lembaga penelitian, instansi pemerintah juga universitas melakukan penelitian-penelitian cadas tentang masalah teknis perikanan kelautan. teknologi dan metode yang beredar juga harus diakui adalah teknologi terbarukan. dan, dewasa ini teknologi kelautan sudah berkembang sangat baik seperti mesin, kapal,alat tangkap dan metode penangkapan.

hanya saja saat ini inti permasalah yang dibutuhkan masyarakat pesisir adalah KNOWLEDGE. kemampuan untuk menciptakan kemandirian dalam hal produksi yang optimal, pengolahan dan keleluasaan untuk memasarakan produk dengan layak dengan tetap menjaga kelestarian sumberdaya alam. sangat dibutuhkah sebuah pengkajian strategi komunikasi yang cihuy agar masyarakat pesisir diharapkan dapat meubah mindset untuk tetap tumbuh dan berkembang menjadi sebuah budaya yang kuat, dengan memanfaatkan kekayaan laut dengan optimal dan lestari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar