Jumat, 07 Desember 2012

Sedikit Tentang Bulu Babi

Gonad bulu babi merupakan makanan populer karena bergizi tinggi.

Nilai protein yang terkandung pada gonad Bulu Babi dengan berat basah antara 7,04% - 8,2% dan pada berat kering antara 51,8% - 57,8%. Sedangkan Nilai Lemak yang terkandung pada gonad Bulu Babi dengan berat basah antara 1,14% - 1,35% dan pada berat kering antara 8,53% - 9,36%

Faktor penentu harga adalah kualitas dari gonad Bulu Babi. Salah satunya dari warna gonad. Gonad yang berkualitas berwarna antara kuning terang sampai oranye merah. 

Kualitas gonad Bulu Babi juga ditentukan: tekstur yang padat & halus, rasa enak (manis) dan massa gonad. Dalam dunia budidaya, faktor lingkungan Bulu Babi sangat pengaruhi kualitas gonad. iayalah! :))

Bentuk Bulu Babi seperti bola, tanpa lengan. Permukaan tubuh berduri panjang. Punya alat pencernaan yang khas: tembolok kompleks (Lentera Aristoteles). Fungsi Lentera Aristoteles: menggiling makanan yang berupa alga atau sisa-sisa organisme (kotoran hewan laut, bangkai).

Duri di sekujur tubuh Bulu Babi berfungsi untuk bergerak, menggali dan melindungi. Juga terdapat kaki tabung atau kaki amburakral pada sisi mulut


Bulu babi ditemukan diseluruh samudera di Dunia.
Proses reproduksi terjadi eksternal atau di luar tubuh Bulu Babi, artinya sel kelamin jantan dan betina bertemu di luar tubuh. emm.. atau mengapung-apung di dalam perairan. so! pas musim kawin Bulu Babi kalo sedang berenang dilaut jangan sampe ketelen tu aer laut yak!! Hehe..

Nah, Bulu Babi itu masuk ke dalam golongan avertebrata atau tidak bertulang belakang

Bulu Babi itu pemakan bangkai, sisa organisme, kotoran hewan laut, alga. Doi berjasa sebagai pembersih laut dan indikator pencemaran. Bulu Babi adalah hewan yg sangat kompetitif, jd ketika ada sumber makanan Bulu Babi akan rakus dan bersaingan satu sama lain.

Hubungan Bulu Babi dg terumbu karang (TK) menarik. Pada kondisi tertentu Bulu Babi penyebab kematian karang namun penyelamat pada kondisi lain. 

Bulu Babi adalah predator TK karena aktifitas makan Bulu Babi terhadap alga di TK. Kehilangan alga, Karang lama-lama tidak dapat suplai energi untuk hidup.

Namun, karang dapat terbunuh jika tertutup oleh holdfast (semacam akar makro alga), alga berfilamen bisa sebabkan karang menarik polipnya.

Ah, biologi banget ga sih? Haha.. Intinya,  Bulu Babi pada kondisi seimbang menjaga ekosistem yang stabil. Ga boleh kebanyakan atau gada sama sekali.


Bagaimana jika tertusuk bulu babi?

Jangan panik. Panik hanya akan memperkeruh suasana, sulit berpikir jernih nantinya.

Pastikan segera ke daratan dan duduk rileks, sambil minum es kelapa dengerin lagu dangdut juga oke.

Rendam luka dengan air hangat. Air hangat bisa buat tubuh menjadi rileks.

Duri-duri Bulu Babi tersusun dari kalsium karbonat yg sangat rapuh sulit dicabut. Tumbuk-tumbuk lokasi tertusuk dengan "pantat" botol beling, duri-duri akan hancur sehingga larut dalam darah. Perih emang, so stay cool B-)

Setelah itu, rendam lagi dengan air hangat agar dapat meredam rasa nyeri.
Sekali lagi, jangan panik. Antibody manusia cukup untuk menetralisir racun yang terdapat pada Bulu Babi.

Pasti udah tau, kalo amoniak bisa menetralisir racun duri Bulu Babi. Amoniak alami ada pada urine.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar