Minggu, 10 Agustus 2014

masak ikan lele

sebagai mahasiswa dan manusia saya butuh makan dengan harga terjangkau. bertahan hidup dengan memasak makanan sendiri. apa menu hari ini?

minggu pagi ini saya masak ikan lele goreng. saya beli ikan lele segar (masih hidup) setengah kilo Rp. 11.000
bumbunya:
a. lada
b. lupa gue, antara kemiri atau ketumbar
c. kunyit
d. jahe
e. jeruk (saya lupa jeruk apa namanya, spt di foto)
f. bawang merah, bawang putih

lele-lele yang sudah di beli, sampai kontrakan saya bersihkan kembali dengan air mengalir. kemudian, agar ikan tidak amis saya rendam bersama jeruk.

jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, garem, gula, penyedap dan bumbu yg gue lupa (kemiri atau ketumbar) . itu sema bumbu di ulek sampe rata. setelahbitu semua bumbu di guyur ke ikan lele. dan, goreng sampai garing.

goreng ikan lele biarkan satu sisi mateng, jangan di bolak - balik karena akan menyebabkan ikan hancur. semoga membantu. informasi diatas saya dapatkan dari ibu penjual di pasar. sebetulnya kalo liat tukang penyetan, ikan lele cukup direndam di air (asin?) langsung di goreng.

baiklah, sekian.

salam,
tipank

Tidak ada komentar:

Posting Komentar