Rabu, 11 Desember 2013

KELAS INSPIRASI 2 - JAKARTA

Ceritanya saya mengikuti kegiatan Kelas Inspirasi 2 - Jakarta. 20 Februari 2013.

Awal saya tau Gerakan Kelas Inspirasi (KI) dari seorang kawan SD dulu, doi posting pengalamannya di blog-nya. Kemudian saya (jujur) iseng daftar di wesbite Kelas Inspirasi tentunya setelah browsing sana-sini di dunia maya. Ternyata terpilih sebagai relawan pengajar.

Apa Kelas Inspirasi?

Kelas Inspirasi adalah pengembangan dari Indonesia Mengajar (IM). Sudah tau dong dengan Indonesia Mengajar? Masih dengan issue pendidikan, perbedaan KI dengan IM adalah waktu yang dipakai untuk turun tangan. IM turun tangan selama setahun sedangkan KI cukup sehari saja. KI mengajak, menghimpun dan menyebarkan para profesional berbagai bidang keahlian untuk berbagi cerita tentang profesinya kepada murid-murid Sekolah Dasar Negeri.

Untuk bisa menjadi Relawan KI, calon relawan harus mendaftar dan mengisi beberapa form yang disediakan. Kemudian para panitia (yang sebenernya juga relawan) melakukan seleksi. Selanjutnya, para relawan akan di kelompokan dalam 1 sekolah. Kelompok relawan ini terdiri dari beberapa bidang profesi.

Ngapain?



Disiplin pendidikan saya Perikanan dan Ilmu Kelautan. Spesialisasi saya di Ekosistem Pulau-Pulau Kecil dan Pemetaan. Pekerjaan saya dalam bidang pengolahan citra satelit untuk Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Laut. Dan, saya mengikuti perkembangan Konservasi Penyu.

Saya "ngajar" tentang Ilmu Bumi. Saya bawa globe ke dalam kelas --yang kebetulan punya SD. Saya menceritakan tentang Bumi yang berputar pada porosnya. Menceritakan bagaimana roket itu meluncur dan sebuah satelit itu bisa sampai di Antariksa. Bagaimana citra satelit bisa membantu kehidupan manusia terutama dalam pemantauan Laut Indonesia.


Harusnya bukan hal yang sulit, namun menghadapi anak-anak SD yang antusias bertemu dengan "guru" barunya menjadikan suasana kelas menjadi interaktif. Selain bertemu dan berbagi cerita maka saya, relawan KI, masuk kedalam lingkungan pendidikan yang sesungguhnya. Saya mendapatkan pengalaman 1 hari menjadi bagian dari sistem pendidikan di Indonesia (terutama SD Negeri).

KELAS INSPIRASI 2 - JAKARTA

TENTUNYA KEDUA FOTO DIATAS BUKAN HASIL JEPRETAN SAYA :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar