Sabtu, 28 Desember 2013

Karimunjawa dan PSA Penyu

Jadi begini ceritanya...

Perahu layar itu sampai juga di Pulau Menjangan. Hampir putus napas saya dipaksa mendayung di tengah laut karena tiba-tiba angin hilang! haha

Berangkat dari pulau Karimunjawa menuju lokasi Penetasan Semi Alami (PSA) Penyu Karimunjawa. Entah kenapa, bapak pembimbing PKL saya menggunakan perahu layar untuk menyebrang. Kata beliau, "cuaca cerah, angin bersahabat" dan sebagai pendatang saya percaya saja. Namun, Tuhan punya kehendak lain di habiskanNya angin ketika perahu layar saya tepat ditengah antara Pulau Karimunjawa dengan Pulau Menjangan.

Tersebutlah pengalaman saya diatas tentang Praktek Kerja Lapangan tentang Konservasi Penyu di Karimunjawa.

Di Pulau Menjangan ada sebuah rumah semi terbuka. Beratapkan seng dengan dinding terbuat dari jaring-jaring kawat. Lantai dari rumah tersebut terbuat dari pasir pantai, lebih tepatnya tidak berubin. Nah, didalam rumah itu ada beberapa ember yang berisi telur penyu.

Telur penyu yang terdapat di dalam ember itu adalah sebuah upaya konservasi. Telur-telur penyu itu diambil dari lokasi sarang alaminya. Kemudian dipindahkan ke PSA (Penetasan Semi Alami) agar telur penyu itu punya kesempatan menetas yang tinggi menjadi tukik.

Dalam kesempatan PKL ini saya mempunyai kesempatan belajar tentang proses tagging.

Tagging adalah upayainventarisa si penyu yang melintas di perairan Karimunjawa. Semua penyu yang kebetulan melintas atau tertangkap jaring oleh nelayan akan di inventarisasi. Proses tagging itu sendiri adalah men-steples penyu dengan logam anti karat yang memiliki nomor khusus.

Upaya inventarisasi penyu, diantaranya berupa:
Menimbang berat penyu, mengukur panjang dan lebar karapas, mencatat jenis penyu dan jenis kelaminnya.

sayangnya, foto-foto dan dokumentasi saya sampai 2009 akhir hilang semua. saya tidak punya foto dan kenangan selama di Karimunjawa.

Sekian.

2 komentar:

  1. Kak boleh tanya tmp tinggal untuk anak pkl selama sebulan kira2 dimana yg deket dengan balai tnkj?

    BalasHapus