Minggu, 23 Maret 2014

Ke Museum Geologi Bandung Yuk!

 Tidak sulit menemukan Museum Geologi Bandung. Gedung ini letaknya tidak terlalu jauh dengan Gedung Sate, ikon Kota Bandung. Bangunan berada di Jalan Diponegoro No. 57 ini adalah gedung peninggalan belanda yang berdiri sejak16 Mei 1928. Sejak awal bangunan ini memang sudah diperuntukan sebagai Laboratorium Geologi pada zaman kolonial yang memang ketika itu sedang mengeliat peneyelidikan geologi di Nusantara.

Bangunan dengan dua lantai ini memiliki banyak koleksi geologi baik dari dunia maupun yang ditemukan di Indonesia. Sebelum masuk kedalam Museum Geologi penunjung diharuskan membeli tiket. Harga Tiket Umum Rp. 3.000 sedangkan untuk Pelajar/Mahasiswa Rp. 2.000. Tiap pembelian mendapatkan bukti tiket yang lumayan dikoleksi sebagai kenang-kenangan.



 Masuk kedalam lobby lantai satu pengunjung akan disuguhi oleh peta Indonesia yang besar sekali. Kemudian ada dua koridor, sayap kanan dan sayap kiri. Sayap Kanan dari pintu masuk adalah Ruang Peraga yang berjudul "Sejarah Kehidupan". Di ruangan inilah pengunjung bisa melihat ikon Museum Geologi, sebuah replika fosil T-Rex. Sebelum "bertemu" dengan T-Rex, display tentang teori terbentuknya Bumi dari masa ke masa. Umumnya sebuah museum, ada banyak poster dan gambar menarik yang memberikan wawasan tentang sejarah kehidupan di planet ini. Selain itu ada etalase display contoh-contoh batuan atau fosil yang ditemukan pada zaman tersebut. Masuk lebih kedalam ruangan maka pengunjung akan menemukan begitu banyak replika fosil-fosil mulai dari yang kecil maupun yang sebesar macam T-Rex.
 
Ada sebuah ruangan yang me-display fosil-fosil manusia purba juga peraga yang mendukung teori evolusi. Disini pengunjung akan mendapatkan wawasan bagaimana sebaran manusia purba berdasarkan penemuan-penemuan saat ini. Foto-foto di Museum Geologi Bandung bisa dilihat disini.

 


Sayang sekali pada sayap kiri lantai satu yang seharusnya ruangan Geologi Indonesia masih dalam perbaikan. Selanjutnya naik ke lantai dua terdapat dua ruangan yaitu "Manfaat dan Kebencanaan Geologi" dan "Sumberdaya Geologi".


Ruangan ini menurut saya menarik karena Indonesia berkawan baik dengan potensi-potensi kebencana geologi. Masayarakat harus tau seperti apa Indonesia dalam hal kebumian (geologi). Bagaimana sejarah geologi indonesia dari masa ke masa dapat diperoleh di ruangan ini.

Bagaimana manusia purba memanfaatkan sumberdaya geologi yang dapat diketahui debrdasarkan temuan-temuannya. Istilah "berburu dan meramu", kapan manusia purba Indonesia mulai tinggal di dalam goa (cave) benar-benar disajikan interaktif.

Pengelola Museum memberikan pengetahuan tentang Manfaat Geologi mengunakan video. Menurut saya ini cukup seru bagi anak-anak yang akan bosan jika harus membaca. Tampilan videopun menarik. Berikut video yang saya rekam.


Beberapa video bahkan sudah ada yang berteknologi tochscreen, pengunjung dapat mememilih fitur yang akan dilihat. Juga di Museum Geologi ada simulator Gempa Bumi yang memberikan pengetahuan bagaimana getaran gempa itu. Hanya saja menurut saya simulator ini kurang memberikan bagaimana cara melindungi diri yang baik ketika gempa terjadi. Berikut video yang saya ambil.


Tsunami yang menghantam Indonesia pada akhir tahun 2004 memberikan duka pilu bagi rakyat Aceh juga bangsa Indonesia. Bahwa Indonesia adalah negara yang berdampingan dengan rawan bencana menjadikan pengetahuan bencana harus sejak dini diperoleh oleh masyarakat kita. Tak lepas Museum geologi memberikan penetahuan tentang bencana tsunami yang dikemas dalam bentuk video. Saya menemukan beberapa anak Taman Kanak-kanan yang tentunya belum bisa membaca namun tertarik melihat video tentang tsunami. Berikut adalah videonya.



Ruangan ini ada beberapa barang yang rusak akibat dari bencana gunungapi ketika merapi meletus tahun 2006. Juga harus sejak dini masyarakat tau dan bagaimana akibat dari bencana gunungapi karena Indonesia dilalui busur magma.



Masuk kedalam Ruangan Sumberdaya Geologi pengunjung akan mendapatkan pengetahuan tenang potensi-potensi geologi khususnya yang ada di Indonesia. Beberapa video memberikan informasi dalam bentuk 3 Dimensi. Diruangan ini pula pengunjung dapat mengetahui bagaimana proses terbentuknya sumberdaya geologi ekonomis seperti minyak bumi, batu bara ataupun logam mulia.


Nah, ada banyak sekali kan manfaat mengunjungi Museum Geologi di Bandung ini. Murah tiket masuknya namun gak murahan loh informasi yang di dapat. Ke Museum Geologi Bandung Yuk! :)


Jam operasional Museum Geologi Bandung
Senin-Kamis dari Jam 08.00 - 16.00
Sabtu-Minggu dari Jam 08.00 - 14.00
Jumat dan Libur Nasional TUTUP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar